Rabu, 10 Juli 2013

Jember akan Dijadikan Kawasan Wisata Kuliner

Rabu, 10 Juli 2013 23:00:06 WIB
Reporter : -

Jember (beritajatim.com) - Festival kuliner diharapkan mampu mengangkat produk lokal Kabupaten Jember, setidaknya hal itu mampu mengangkat nama daerah dan mendongkrak wisatawan untuk datang di Kabupaten Jember.

Mereka tidak hanya sekedar menikmati pesona keindahan alam, tapi lebih dari itu Kabupaten Jember juga bisa tersohor lewat kulinernya. Banyak produk lokal dan ketersediaannya melimpah seperti singkong maupun ubi jalar bisa diolah sedemikian rupa menjadi produk layak jual, karena itu butuh sentuhan kreatifitas agar keduanya bisa laku di pasaran menjadi makanan olahan yang memiliki gizi dan tampilan menarik.

Penegasan itu disampaikan oleh bupati Jember MZA Djalal MSi, ketika membuka kegiatan festival kuliner Jember 2013. Dirinya mendukung sepenuhnya pelaksanaan festival tersebut dan setidaknya menjadi agenda tahunan Kantor Pariwisata Pemkab Jember. Pesertanya diharapkan bisa lebih banyak lagi serta tidak hanya diikuti oleh hotel, restoran ternama, pengusaha catering, namun juga pemilik warung kecil sekalipun. Tumbuhnya pusat jajanan serba ada (Pujasera) di Kabupaten Jember di berbagai tempat,merupakan pertanda semakin membaiknya wisata kuliner.

"Adalah kebanggaan bagi saya  karena Kantor Pariwisata Pemkab Jember mampu mengadakan festival kuliner, ini merupakan ikhtiar kita bersama untuk mengenalkan Kabupaten Jember melalui makanan olahan," katanya.

"Lebih mengembirakan lagi sejak festival kuliner ini diadakan pertama kali tahun 2012, peminatnya semakin banyak tidak hanya hotel dan restoran, saya lihat juga ada catering dan tahun depan warung lesehan diharapkan bisa ikut ambil bagian. Wisata kuliner saat ini banyak digemari oleh wisatawan, mereka datang jauh-jauh ke Jember tidak hanya ingin sekedar melihat Watu Ulo maupun Papuma tapi juga ingin mencicipi makanannya," kata Djalal.

Pengusaha hotel, restoran, catering ataupun lesehan hendaknya tetap menjaga cita rasa makanannya, karena hal itu berdampak ramai atau tidaknya pengunjung. Selain itu kebersihan makanan dan tempat juga harus diperhatikan dan jangan terkesan jorok Terkadang hal itu kerapkali dilupakan oleh pemiliknya warung di pinggir jalan. Festival kuliner ini bukan hanya ajang lomba memasak tapi sekaligus sebuah pembelajaran bagi peserta untuk tidak hanya sekedar menampilkan menu makanan dan minuman yang ditawarkan, karena juri juga akan menilai dari citarasa dan cara penyajiannya.

"Saya berdiri di sini selain memberikan sambutan juga ingin menantang pengusaha kuliner di Kabupaten Jember untuk mampu mengelola produk makanan olahan, karena tidak mentutup kemungkinan suatu saat kota berpenduduk 3 juta jiwa ini menjadi kawasan wisata internasional seperti Bali."

"Mereka tidak hanya sehari atau dua hari bermalam di Jember, ada hal membuat wisatawan domestik ataupun asing berlama-lama di Jember yakni berkat kelezatan kulinernya.Sebentar lagi bulan berkunjung ke Jember (BBJ) 2013 kembali dilangsungkan, saya mengajak pengusaha kuliner untuk berperan aktif menyambut  kehadiran wisatawan," tandas Djalal.

Djalal mengungkapkan, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Jember juga tidak terlepas dari membaiknya fasilitas infrastruktur.seperti akses jalan dan penerangan. Ia optimis nantinya Kabupaten Jember juga menjadi daerah tujuan wisata di Indonesia, apalagi saat ini banyak hotel bermunculan di Jember dan itu merupakan pertanda semakin membaiknya iklim investasi khususnya di sektor pariwisata. [humas]


another image from Jember akan Dijadikan Kawasan Wisata Kuliner


Yamaha New Vixion Masih Terlalu Tangguh untuk Honda CB 150 R - Radio ...


Yamaha New Vixion Masih Terlalu Tangguh untuk Honda CB 150 R - Radio ...

kretek tangan di Jember, Jawa Timur. Pabrik tersebut diharapkan akan ...


kretek tangan di Jember, Jawa Timur. Pabrik tersebut diharapkan akan ...

Tanah Pengasingan Bagian Ke-22 | Indonesia Media Online


Tanah Pengasingan Bagian Ke-22 | Indonesia Media Online

scope of work template


scope of work template

Selamat Datang di Duta Indonesia..


Selamat Datang di Duta Indonesia..


another text from Jember akan Dijadikan Kawasan Wisata Kulinerdrag jember fadiel - YouTube
drag jem,ber fadiel jupiter ... Sign in with your Google Account (YouTube, Google+, Gmail, Orkut, Picasa, or Chrome) to add Angga Honda Denso AJM 's video ...
Get Along At Papuma Beach Jember - YouTube
Papuma beach is one of tourism objects in Jember, East Java. This tourism object is developed by Perum Perhutani II or Forest Officer Department, East Java ...
Universitas Jember
Universitas Jember! - a step ahead to an outstanding university ... Zainuddin, Raih Indeks Prestasi Kumulatif Sempurna ! Jember, 8 Juli 2013
Get A Free Hit Counter - Tiny Counter
Free hit counter with many fun and professional styles to choose from. Our free web counters count hits and unique visitors. No annoying ads. Totally ad-free.
JEMBER | Facebook
JEMBER, Jember. 47,221 likes · 589 talking about this. Community/Government
Jember akan Dijadikan Kawasan Wisata Kuliner
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.