Jumat, 12 Juli 2013

Highbury: Sebuah Stadion, Sebuah Visi


foto: football-rumour.com

 

Sabtu, 13 Juli 2013 09:14:50 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan

Surabaya (beritajatim.com) - Highbury dibangun oleh Henry Norris, bos Arsenal, yang memutuskan pemindahan domisili klub itu dari Manor Ground ke London utara.

Arsenal harus mengungsi, jika ingin selamat dari kebangkrutan karena minimnya penonton pada tahun 1910. Arsitek asal Skotlandia, Archibald Leitch, mengerjakan stadion tersebut dan membangun tribun timur sebagai awal.

Herbert Chapman, manajer legendaris Arsenal, merombak stadion ini dengan gaya Art Deco pada 1932. Ia memasang logo Arsenal di tribun barat dan timur.

Ada aroma keningratan Zaman Victoria dalam stadion yang digubah Chapman. Sesuatu yang kemudian dihargai oleh banyak orang, karena telah menempatkan Arsenal dalam standar klub yang cukup tinggi.

Pendukung Arsenal selalu membanggakan Highbury sebagai sesuatu yang tak bisa ditandingi klub Londoners lainnya macam Tottenham Hotspur, West Ham United, atau Chelsea.

Patung setengah badan Chapman diletakkan di salah satu bagian stadion bernama Marble Hall sebagai bentuk penghargaan. "Ketika saya di Marble Hall, saya merasa dia bukan hanya pria kaya raya yang memberikan klub ini gelar dan piala, tapi juga visi," kata Arsene Wenger, pelatih Arsenal saat ini.

Selanjutnya, kisah Highbury dibangun melalui pencapaian-pencapaian besar Arsenal. Klub ini memenangi 13 gelar Liga Inggris dan sejumlah gelar di tingkat Eropa. Dari tahun ke tahun, di Highbury selalu tumbuh generasi baru yang mencintai Arsenal. Maka di sinilah, Highbury memiliki arti: ia ada dalam kenangan hampir setiap orang di London utara. Bagian dari hidup mereka.

Tak semua mudah melihat Arsenal meninggalkan stadion itu. "Ada suasana sedih. Ayah saya menolak diajak ke sini," kata seorang perempuan yang datang ke acara Final Salute saat itu.

Namun apa boleh buat, Highbury pada akhirnya harus dihancurkan dan dijadikan kompleks apartemen mewah. Arsenal menjadikan perpindahan stadion ini sebagai transformasi era baru. Wenger disebut-sebut sebagai penerus visi Chapman dalam membangun The Ashburton Grove, nama lain Emirates Stadium.

'Arsenal Way' juga hadir dalam jiwa stadion baru ini. Di dalam stadion dipajang dua belas panel yang menggambarkan momen-momen bersejarah klub, di antaranya era Herbert Chapman, era juara Piala Winners, dan era rekor tak terkalahkan selama 49 laga yang disebut 'The Invincibles' atau 'Unbeaten 49'. [wir]


another image from Highbury Sebuah Stadion Sebuah Visi


The façade Stand Timur, pada Avenell Road, pada tahun 2005.


The façade Stand Timur, pada Avenell Road, pada tahun 2005.

Class 71 | My Arsenal FC


Class 71 | My Arsenal FC

Drafting Plans for Council Approval


Drafting Plans for Council Approval


another text from Highbury Sebuah Stadion Sebuah Visi10 Binatang Menghebohkan di Dunia Olahraga | Arena - Yahoo! Sports ...
Baca '10 Binatang Menghebohkan di Dunia Olahraga' di blog kami Arena yang ada di Yahoo! Sports Indonesia. Ternyata selain 'The Anfield Cat', ada lagi binatang ...
Arsenal F.C. - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arsenal Football Club (dikenal pula sebagai Arsenal atau The Gunners) adalah klub profesional Inggris yang berbasis di daerah London Utara , London . Klub ini kini ...
Unilever - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Unilever (IDX: UNVR ; Euronext: UNA ; NYSE: UN ; LSE: ULVR) adalah perusahaan multinasional yang memproduksi barang konsumen yang bermarkas di Rotterdam , Belanda .
London - Wikipedia Bahasa Melayu, ensiklopedia bebas
London (IPA: i / ˈ l ʌ n d ən /) ialah ibu kota England dan United Kingdom , dan juga kawasan metropolitan yang terbesar di United Kingdom. London yang terletak ...
10 Gol Terbaik Liga Inggris Sepanjang Masa | Liga Inggris Terbaru
10 Gol Terbaik Liga Inggris Sepanjang Masa - Gol salto Wayne Rooney ke gawang Manchester City pada Februari 2011 terpilih sebagai gol terbaik dua dekade Premier League.
Highbury: Sebuah Stadion, Sebuah Visi
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.