Rabu, 17 Juli 2013

Melihat Pesantren Kilat di Lapas Kediri

 

Kamis, 18 Juli 2013 12:32:03 WIB
Reporter : Nanang Masyhari

Kediri (beritajatim.com) - Selama bulan ramadan, penghuni Lembaga Permasyarakatan (Lapas) klas II A Kediri mengisi dengan kegiatan pesantren kilat.

Mereka mendapat siraman rohani secara langsung oleh para ustadz dan santri dari pondok pesantren (ponpes) Lirboyo Kediri.

Pesantren kilat ramadan mengambil tempat di Masjid At-Taubat lingkungan Lapas klas II A. Pembekalan kerohanian tersebut sudah dimulai sejak awal ramadan hingga menjelang lebaran mendatang.

Beberapa ragam materi yang diberikan seperti, metode baca tulis Al Quran, khataman Al Quran dan siraman rohani. Hampir seluruh penghuni Lapas yang bergama Islam mengikutinya.

Kepala Lapas klas II A Kediri Agus mengatakan, pembinaan akhlak dan moral menjadi perhatian, agar kelak setelah keluar dari tahanan mendapatkan bekal, dan tidak akan mengulangi berbuatannya.

"Semoga Pesantren Kilat Ramadan ini dapat menambah pengetahuan mereka. Memperbaiki ahlak mereka. Karena pembinaan ronahi disini sangat ditekankan," tegas Agus.

Pembekalan rohani sangat diprioristaskan pada Lapas klas II A Kediri. Pendidikan religi dilakukan terus menerus. Sementara Pesantren Kilat sudah menjadi rutinitas setiap tahun.

Ditambahkan Agus, selama bulan ramadan, pihaknya melakukan perubahan jam kunjung tahanan. Jam kunjung yang semula dapat dilakukan pada pagi hari, kini dibuka siang hari.

"Jam kunjung pagi dialihkan siang. Biasanya pengunjung memberikan makanan pada pagi hari. Sekarang kita buka jam kunjung siang. Sehingga saat jelang Magrib, makanan itu masih bisa dikonsumsi," jelas Agus.

Jumlah seluruh tahanan di Lapas klas II A Kediri saat ini 725 orang. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari kapasitas ruangan yang hanya 325. Sehingga, terjadi over kapasitas penghuni mencapai 400 orang.

Di papan Daftar Isi Hunian tertulis, terdapat lima blok dan dua sel tahanan. Satu blok terdiri dari sebanyak 10 ruang kamar. Sedangkan masing-masing kamar diisi oleh 10-30 orang tahanan. [nng/kun]


another image from Melihat Pesantren Kilat di Lapas Kediri


Contact Us (AL BINAA Bekasi)


Contact Us (AL BINAA Bekasi)

Penentuan Awal puasa Ramadhan 1434 H / 2013


Penentuan Awal puasa Ramadhan 1434 H / 2013

Februari | 2008 | AL ZAYTUN PANJI GUMILANG


Februari | 2008 | AL ZAYTUN PANJI GUMILANG

Pondok Pesantren Annuqayah: Melihat "Langsung" Kaum Muslim di Norwegia


Pondok Pesantren Annuqayah: Melihat

Salasilah Wali Songo


Salasilah Wali Songo


another text from Melihat Pesantren Kilat di Lapas KediriPONDOK PESANTREN DAARUT TAUHID BANDUNG | Facebook
PONDOK PESANTREN DAARUT TAUHID BANDUNG, Bandung, Indonesia. 17,874 likes · 490 talking about this.
remaja pesantren
1. Pondok Pesantren Langitan Pondok Pesantren Langitan adalah salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Berdirinya lembaga ini jauh sebelum Indonesia ...
Sejarah | Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta
Setelah menikah K.H. Abdul Manaf Muhayyar muda pergi belajar ke berbagai tempat untuk mencari guru-guru baru dan terus berusaha untuk mendalami ilmu pengetahuan.
Pesantren Daarut Tauhiid
Silahkan Sahabat Calon Santri Menghubungi Info Program Kepesantrenan SMS/TELEPON HP. 0819 1020 6060 Program Pesantren Daarut Tauhiid Jl. Gegerkalong Girang No.30-D ...
Lokasi | Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta
Lihat Peta Lebih Besar . LOKASI PESANTREN DARUNNAJAH JAKARTA, INDONESIA. Alamat lengkap Jl. Ulujami Raya No. 86 Pesanggarahan Jakarta Selatan 12250, Indonesia
Melihat Pesantren Kilat di Lapas Kediri
Rating: 100% based on 975 ratings. 91 user reviews.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.